Ingin Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak?

Olahraga Saat Puasa Boleh Dilakukan

Hi Bro dan Sis!

Apa kabarnya nih? Semoga kalian tetap semangat ya di bulan Ramadan ini.

Tahukah kalian kalau bulan Ramadan merupakan sebuah bulan yang penuh berkah, karena teman-teman kita, Umat Muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Nah selama Bulan Ramadan ini, teman-teman kita harus menahan rasa lapar dan juga haus, dengan kata lain tidak makan ataupun minum apapun. Tapi, hal ini bukan berarti menjadi alasan utama kalian yang menjalankan puasa bisa bermalas-malasan loh.

Kalian bisa saja melakukan aktifitas demi menjaga kebugaran badan kalian selama puasa. Aktifitas yang dimaksud bisa saja berolahraga ataupun bekerja. Tapi ngomong-ngomong soal olahraga, apakah boleh jika tetap dilakukan saat puasa?

Jawabannya tentu saja! Asal dengan catatan olahraga yang dilakukan itu tidak berat agar badan kalian tidak dehidrasi selama berpuasa. Apalagi pada masa pandemi COVID-19 seperti ini, kalian harus menjaga kondisi badan agar tetap fit dan bisa menyambut Lebaran dengan semangat.

Nah penasaran mengenai olahraga apa saja yang bisa kita lakukan pada saat bulan puasa ini? Berikut akan kita jelaskan di bawah ini!

Baca: 5 Buah Lezat yang Tingkatkan Imunitas Lawan COVID-19

Yoga

Yoga Ketika Puasa

Olahraga ringan pertama yang bisa kamu lakukan atau cona adalah yoga. Bagi yang belum tahu, yoga dapat menjernihkan pikiran dan juga kesehatan badan loh. Selain itu, dengan melakukan yoga setiap satu dua jam setelah kalian berbuka puasa atau sahur dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan jalan santai.

Manfaat lain yang bisa diberikan oleh olahraga yoga adalah menjaga postur badan dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi bagi kamu yang sering mengeluh sakit punggung ataupun jam tidur yang berantakan di bulan puasa ini, boleh mencoba yoga. Lakukan 1 jam setelah berbuka puasa atau sahur ya!

Jalan Santai atau Jogging

Jogging / Jalan Santai Ketika Puasa
Lari saat puasa? Yang bener aja kamu!

Santai. Bukan lari marathon kok, tapi lari santai atau jogging. Waktu yang pas untuk jogging? 1 2 jam setelah berbuka puasa. Kalau tidak mau jogging, kalian bisa menggantinya dengan jalan santai. Cukup selama 1 jam, maka kalori di tubuh akan terbakar dan kalian akan tetap merasa bugar.

Kalau kalian ingin jogging atau jalan santai sebelum jam berbuka puasa juga tidak apa. Asalkan tidak berlebihan atau istilahnya diforsir ya! Ingat, jangan kalian jatuh sakit di bulan ini.

Skateboard

Skateboard Ketika Puasa

Nah yang ini cocok dilakukan oleh anak-anak milenial nih. Bagi kalian yang memiliki hobby bermain skateboard, ini bisa juga menjadi olahraga yang menyenangkan loh. Asal ingat, jangan sampai lupa waktu dan berhenti jika merasa sudah capai.

Baca: Aktivitas Apa yang Bisa Dilakukan dengan 200 Ribu?

Sepedaan

Sepedaan Ketika Puasa

Nah bagi kalian yang memiliki hobby naik sepeda, mungkin bisa mencoba olahraga santai ini di bulan puasa. Perlu diketahui, dengan bermain sepeda di sore hari 1 jam setelah berbuka, dapat menyehatkan badan dan juga jantung.

Pastikan kalian menggunakan alat pelindung jika berminat untuk bermain sepeda di bulan puasa. Biasakan juga untuk menggunakan masker agar terhindar dari debu jalan dan juga virus ya!

Nah kira-kira itulah olahraga saat puasa yang bisa kalian lakukan. Intinya sih jangan dipaksakan atau diforsir ya! Lakukan ini agar kalian tetap fit dan bisa terus beraktifitas selama puasa. Jika tidak sempat, kalian bisa mencoba cardio sendiri di rumah, seperti push up, sit up, crunch, dan lain sebagainya.

Ingat, lakukan 1 2 jam setelah berbuka puasa agar tidak dehidrasi ya! Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk download aplikasi Fazzcard ya di sini!

Artikel Terkait