Bagaimana Cara Mengatur Keuangan di Tengah Bulan?

Hi Bro dan Sis!

Kira-kira, berapa sih gaji kamu tiap bulan? Tenang, gak perlu dijawab kok, hehe.

Bicara soal gaji, pasti kamu pernah bingung mengapa gajimu selalu saja tiris saat tanggal tua. Dan jika kamu berpikir jawabannya adalah gajimu yang kurang, itu bukan jawaban yang tepat. Kenapa? Karena setiap naik gaji, kebutuhan dan keinginanmu pun juga naik.

Kebutuhan memang merupakan suatu hal yang wajib untuk dipenuhi, sedangkan keinginan adalah pilihan ketika kamu punya dana yang lebih. Kebutuhan juga memiliki takaran yang harus kamu urutkan mana yang paling penting dan tidak penting.

Selain itu, kamu juga perlu membandingkan kebutuhan dan keinginan tersebut dengan harga. Jangan sampai uangmu habis di minggu pertama gajian, hanya karena terhasut oleh gaya hidup yang masih belum bisa kamu ikuti.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan di tengah bulan? Berikut 5 tipsnya agar kamu selamat dari tanggal tua!

Buat Anggaran Pengeluaran Secara Mingguan

Setelah gajian, kamu harus membuat anggaran setiap minggu. Angka yang kamu tulis bisa berupa pengeluaran maksimal yang harus dikeluarkan setiap minggu.

Contoh, kamu hitung uang transportasi dan makan selama seminggu. kemudian, kamu sisihkan juga untuk pengeluaran akhir pekan bersama teman-teman.

Pokoknya jangan sampai lebih dari budget kamu ya. Kalau uangnya lebih, berarti itu bonus untuk kamu di minggu depan. Kalau uangnya kurang, berarti gaya hidup kamu harus diperbaiki.

Baca: 5 Tanda Kamu Terlalu Boros dalam Mengeluarkan Uang

Jangan Kebanyakan Nyicipin Kuliner

Memanjakan diri dengan makanan enak, boleh banget kok! Anggap saja itu sebuah penghargaan untuk diri kamu sendiri, asal jangan sering-sering.

Misalnya, setiap baru gajian kamu memanjakan dirimu untuk makan apapun yang kamu suka, tapi tetap harus dibatasi dengan maksimal biaya yang kamu keluarkan. 

Ingat, makanan hanya bikin kamu kenyang sesaat. Beberapa lama kemudian, makanan tersebut akan keluar dari tubuhmu. Budayakan masak sendiri atau bersama teman, karena pasti akan jauh lebih hemat dan seru.

Cari Diskon dan Promo tapi Jangan Kalap

Promo dan diskon memang sangat membantu menjaga keuanganmu. Tapi hati-hati, kadang kamu bisa saja terlalu tergiur sampai nggak sadar kalau kamu terlalu banyak menghabiskan uang.

Sebelum melakukan transaksi, kamu cek dulu promo dan diskon ini jarang banget ada atau memang tiap bulan selalu ada. Jika rutin tiap bulan, kenapa kamu harus tergiur dan terburu-buru. 

Lalu, lihat lagi apakah kamu membutuhkannya atau tidak, kalau memang masih ragu, butuh mending ditahan dulu. Mungkin saja dana yang tidak jadi dikeluarkan akan berguna untuk keperluan mendadak.

Baca: Gaya Berpacaranmu Boros? Berikut 7 Tips Kencan Hemat untuk Kamu!

Boleh Belanja, Tapi…

Belanja kini sudah menjadi hobi andalan, hampir setiap orang. Apalagi jika barang bermerek lagi diskon! Pasti kamu akan segera membelinya tanpa basa-basi.

Terlepas dari harga, kamu harus balik lagi ke kebutuhan. Tanya pada diri sendiri, butuh atau tidak. Kalau tidak, tahan dirimu untuk nggak membelinya. 

Masih banyak hal lain yang bisa buat dirimu lebih bahagia selain belanja. Contohnya, kamu bisa simpan uangmu untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri bersama orang yang kamu sayangi. 

Cari Penghasilan Tambahan

Masih muda harus pintar cari uang tambahan, bukan hanya pintar ngabisin uang saja. Mengapa penghasilan tambahan itu penting?

Karena kamu bisa menabung seluruh gaji dari pekerjaan utamamu untuk rencana jangka panjang. Untuk jalan-jalan dan belanja, kamu bisa gunakan uang dari penghasilan tambahan.

Caranya? Kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan seperti jasa titip atau snack-snack kering. Kurang bisa dagang? Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu ambil. Seperti Freelance dalam bidang fotografi, desain grafis, menulis artikel berbayar, Influencer, sampai barista.

Baca: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Tambahan di Internet?

Nah itulah 5 tips untuk mengatur keuangan di tengah bulan! Kalau memang masih kurang dan belum dapat uang sampingan, kamu bisa KasBon dulu di aplikasi Fazzcard untuk sementara. Tapi jangan lupa untuk bayar tagihannya, ya!

Selamat mencoba~

Yuk, install dan daftar Fazzcard di sini!

Follow juga media sosial Fazzcard untuk mendapatkan berbagai info soal promo dan fitur menarik lainnya!

Artikel Terkait