5 Wisata Kuliner Hits Bandung yang Harus Kamu Cicipi!

Tanda hujan awannya mendung,

air jatuh jadi genangan.

Sampai juga ke kota Bandung,

kota indah berjuta kenangan. 

Bandung bukan hanya kota bisa, melainkan sebuah Kota Kembang dan Kota Kenangan. Kira-kira, butuh waktu 3 jam untuk berlibur ke sana dari Jakarta melalui tol Cipularang yang memiliki daerah terkenal, yaitu KM 97. Ketika memikirkan Bandung, yang pertama terlintas di pikiran pasti ITB, Lembang, Dago, Jl. Asia Afrika, dan PVJ.

Tak sedikit juga anak muda di Jakarta yang mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan kuliahnya di Bandung. Udara yang super sejuk serta warga-warganya yang ramah, selalu bikin kamu nyaman banget untuk stay di sana. Ehem, yang nyaman memang bikin susah move on. 

Tetapi, Bandung bukan hanya populer dari wisata alamnya saja. Kota Kembang ini juga memiliki banyak wisata kuliner, lho! Penasaran?

Berikut lima wisata kuliner Bandung yang hits dan harus kamu cicipi!

Kue Balok Kang Didin

Kue Balok merupakan salah satu kue khas Sunda! Gampang banget dong pasti kamu temui di Kota Bandung.

Tapi ada satu tempat kue Balok yang berlokasi di pusat kota Bandung dan ternyata, sudah berdiri dari tahun 1967!

Wisata kuliner ini, biasanya sangat ramai pengunjung terutama pada malam hari. Varian rasanya ada yang original, coklat, keju, greentea, tiramisu, kismis, dan masih banyak lagi.

Oh ya, kue balok ini bisa disajikan setengah matang juga lho. Mau main ke Bandung? Wajib banget ke sini!

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh No.52. Husen Sastranegara. Kec. Cicendo. Kota Bandung.

Jam operasional: 24 Jam.

Harga: Rp2.500 – Rp3.500.

Baca: 6 Hotel Murah dan Bersih di Bandung

Mie Baso Akung Legendaris

Buat kamu yang suka banget sama mie ayam, wajib cobain Mie Baso Akung Legendaris ini!

Ada jenis Mie Ayam Yamin dan ada juga Mie Ayam Kuah biasa. Topping dalam mie ayam ini juga ada banyak pilihannya lho, seperti Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, sampai Ceker. 

Harga yang ditawarkan juga kompetitif. Namun, kami jamin kamu nggak bakal nyesel saat mencoba rasanya. Jika berkunjung saat malam hari, jangan harap kamu akan dapat porsi komplit ya, karena biasanya banyak yang sudah habis.

Lokasi: Jl. Lodaya No.123 Lkr. Sel. Kec. Lengkong. Kota Bandung.

Jam operasional: 10:00 – 20:00.

Harga: Rp14.000 – Rp48.000.

Baca: Butuh Udara Segar? Jelajahi 5 Tempat Wisata Bandung Ini!

Bakso Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki itu adalah singkatan “Cari Uang Jalan Kaki”, karena dulu kuliner ini dijual dengan cara dipikul dengan jalan kaki. Semangkuk cuanki, memang sekilas mirip bakso. Namun, yang membedakan adalah aci, siomay, pangsit goreng, pangsit rebus, hingga bakso goreng dengan taburan irisan daun bawang pada kuah beningnya. 

Karena rasanya yang nikmat sampai bikin kangen, dijamin kamu nggak akan nyerah untuk ngantri di Bakso Cuanki dan Batar Serayu. Jangan lupa mampir ke sini, ya~

Lokasi: Serayu St No.2, Cihapit Bandung Wetan. Kota Bandung.

Jam operasional: 11:00 – 19:00.

Harga: Rp10.000 – Rp17.000.

Baca: 6 Hotel Murah dan Bersih di Bandung

Surabi Cihapit

Surabi juga merupakan salah satu camilan khas Bandung, lho!

Nah, Surabi Cihapit ini merupakan salah satu wisata kuliner kaki lima yang masih hits sampai sekarang! Mungkin, karena surabi ini juga generasi millenial yang didirikan pada tahun 1991. 

Disajikan dengan dua macam rasa, ada yang manis dan ada juga yang asin. Surabi ini juga merupakan camilan favorit mahasiswa di Bandung loh! Karena rasanya nikmat dan nggak bikin kantongmu kempes.

Lokasi: Jl. Cihapit, Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat 40114.

Jam operasional: 06:00 – 12:00 & 15:00 – 22:00.

Harga: Rp8.000 – Rp13.000.

Baca: 11 Tanda Kamu Sangat Membutuhkan Liburan!

Se’i Sapi Lamalera

Wisata kuliner khas Kupang ini, dijamin 100% HALAL! Selain daging sapi, di sini juga tersedia menu untuk daging ayam. Ciri khas Se’i adalah proses pengasapan daging dengan menggunakan Kayu Kosambi yang memberikan aroma khas pada Se’i yang untuk menggugah selera makan para pengunjung.

Se’i biasanya disajikan bersama dengan beberapa jenis sambal seperti sambal lu’at yang merupakan sambal asli khas Nusa Tenggara Timur, sambal matah (khas Bali), sambal rica (khas Manado), sampai sambal ijo (khas Padang). Nggak perlu jauh-jauh lagi ke NTT kalau mau makan Se’i sapi!

Lokasi: Dipati Ukur, Jl. Bagus Rangin No.24a Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Jam operasional: 10:00 – 22:00.

Harga: Rp18.000 – Rp55.000.

Itulah kelima wisata kuliner Bandung yang hits dan harus kamu cicipi saat berkunjung ke sana! Jangan lupa tambahkan semua destinasi wisata kuliner tersebut ke dalam daftar agendamu di Kota Kembang, ya~

Yuk, install dan daftar Fazzcard di sini!

Follow juga media sosial Fazzcard untuk mendapatkan berbagai info soal promo dan fitur menarik lainnya!

Artikel Terkait