5 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi

Hi Bro dan Sis!

COVID-19 merupakan virus yang berbahaya dengan penyebaran dan penularan dengan cara kontak fisik maupun melalui benda. Virus yang dapat mematikan ini, sudah banyak memakan korban di berbagai negara. 

Kenaikan angka kasus secara terus menerus, menimbulkan keresahan dan ini membuat para masyarakat wajib mengikuti arahan dari kebijakan pemerintah. Tentunya perasaan khawatir dan takut ada di setiap pikiran, apalagi untuk orang yang masih beraktivitas dan bekerja di lingkungan luar.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah guna memutuskan rantai penyebaran virus. Selama PSBB, kita juga diwajibkan untuk menjaga kesehatan mental agar tidak mudah mengalami stres atau depresi karena hanya di rumah saja.

Nah, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental saat pandemi corona:

Baca: Pilihan Kerja Sampingan yang Bisa Dicoba saat Pandemi

Jangan Mudah Panik Terhadap Berita Negatif

Berita negatif banyak banget kesebar dan bisa bikin kamu panik, kalau langsung kamu telan mentah-mentah. Satu berita saja, bisa mempengaruhi jutaan orang dengan sumbu pendek dalam waktu cepat.

Jangan mudah termakan hoax apalagi itu hal negatif. Hanya akan membuat kamu semakin stres. Cukup tampung beritanya, tenang, dan cari tahu lebih lanjut lagi.

Memilih Sumber Informasi yang Valid

Jangan asal baca sumber informasi ya, karena itu hanya akan menyita pikiranmu. Setelah kamu tampung atau baca beritanya, pastikan kamu juga mencari berita yang sama, dari sumber informasi yang lebih terpercaya seperti Tirto.id, The Jakarta Post, Detik, Kompas, CNN, dan lain-lain.

Sekarang banyak banget orang yang suka menyebarkan berita bohong dan negatif hanya untuk kepentingan eksistensi pribadi.

Tetap Berkomunikasi dengan Teman atau Orang di Lingkungan Sekitar

Selain mencari informasi kamu juga harus tetap berkomunikasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Dengan bertukar informasi, cerita, dan ketawa bareng teman, akan membuat pikiranmu lebih fresh dan terbuka.

Social distancing bukan berarti kamu tidak boleh tegur sapa dengan orang lain, kamu tetap bisa tegur sapa ataupun cerita dan berkomunikasi. Syaratnya, dengan menjaga jarak 1 meter dan tetap menggunakan masker dalam kondisi apapun. Ngobrol dengan orang bisa mengurangi stres di pikiran kamu, lho.

Baca: 5 Tips Keuangan Saat Local Lockdown COVID-19

Motivasi dan Menghibur Diri

Self quarantine adalah waktunya kamu me time dan quality time bersama keluarga. Kamu harus memiliki pikiran positif dan memotivasi diri bahwa kamu akan tetap sehat. Karena pikiran yang positif bisa membuat imun tubuh naik, lho.

Percaya atau engga, orang yang selalu bahagia dan memikirkan hal-hal positif pasti nggak mudah terkena penyakit, karena mereka tahu bagaimana caranya menikmati hidup. Menyenangkan diri juga sangat penting seperti streaming movie di Netflix atau mungkin kamu bisa memasak. Memasak ini lagi jadi hits banget lho, banyak banget yang upload pengalaman memasaknya di Instagram Story.

Berdoa

Setelah kamu berikhtiar, berusaha untuk tetap menjaga kesehatan, yang terakhir yang sangat wajib kamu lakukan adalah berdoa. Berdoa agar kamu, keluargamu, dan orang-orang di sekitarmu dapat terhindar dari segala sesuatu hal yang buruk dan selalu diberikan rezeki dalam bentuk apapun itu.

5 tips ini bisa banget kamu lakuin agar mental kamu tetap terjaga selama menjalani PSBB ini. Nikmati dan jalani saja aturannya. Semoga semua cepat berakhir dan semuanya dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Yuk, install Fazzcard dan ajukan KasBon di sini!

Follow juga media sosial Fazzcard untuk mendapatkan berbagai informasi terkait promo dan fitur menarik lainnya!

Artikel Terkait