5 Tips Keuangan Saat Local Lockdown COVID-19

Hai Bro dan Sis!

Seiring dengan perkembangan penyebaran virus COVID-19 (corona) yang mengkhawatirkan banyak orang, pemerintah pusat dan daerah mulai memberikan kebijakan baru untuk physical-distancing serta local lockdown untuk warganya. 

Terus, apa sih sebenarnya local lockdown atau karantina wilayah ini? Dan sudah siapkah kamu jika sewaktu-waktu dikarantina saat pekerjaan dan kehidupan tetap harus berjalan seperti biasa?

Terutama dalam segi keuangan, apakah kamu sudah mempersiapkannya dengan matang? Kalau belum, jangan khawatir! Karena kami sudah menyiapkan beberapa tips jitu keuangan untuk kamu!

Sebelum menuju tips keuangan, kamu harus tahu dulu apa itu ‘local lockdown’!

Local lockdown merupakan kondisi di mana kita tidak boleh meninggalkan area atau tempat tinggal. Ruang gerak dan akses wilayah dibatasi, untuk melindungi orang di dalam fasilitas (di dalam gedung, rumah, kamar) atau, dari ancaman atau peristiwa berbahaya lainnya.

Bahkan di Korea Selatan, Italia, dan beberapa negara lain, warga harus memiliki izin khusus jika ingin ke luar rumah. Biasanya, supermarket, apotik, dan rumah sakit tetap buka. Akan tetapi kamu tidak bisa sebebas itu untuk keluar masuk tempat tersebut.

Maka, perlu bagi kamu untuk mengevaluasi kesiapan dalam segi keuangan. Seberapa jauh keuangan kamu bisa bertahan terutama saat penyebaran virus terus berjalan hingga pada akhirnya, physical distancing harus diperpanjang.

Nah, agar kamu terhindar dari berbagai hal negatif yang bisa merugikan dirimu, berikut beberapa tips keuangan saat local lockpown pandemi Covid-19 yang bisa kamu terapkan!

Baca: 4 Tips Menabung Simpel untuk Kamu yang Boros

Persiapkan Tabungan

Terutama tabungan untuk dana darurat. Idealnya tabungan dana darurat ini bisa melindungi sekitar 3-6 bulan pengeluaran termasuk cicilan utang dan kewajiban pajak.

Jika belum memadai, selama situasi ini, ada baiknya kalau dana darurat ini kamu tambahkan anggarannya dari sebelumnya. Karena, tabungan ini akan sangat berguna saat situasi menjadi semakin buruk.

Prioritaskan Sembako

Kebutuhan pokok menjadi super prioritas terutama buat kamu yang mempunyai penghasilan tidak tentu setiap bulan. Sebab selama local lockdown berlangsung, kenaikan harga sembako bisa terjadi dikarenakan permintaan yang semakin meningkat.

Baca: 5 Tanda Kamu Terlalu Boros dalam Mengeluarkan Uang

Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Utamakan pengeluaranmu untuk kebutuhan dasar dan penting seperti makanan, alat-alat keberihan, obat-obatan, listrik, sampai pulsa. Tapi, jangan lupa meminimalisir pengeluaranmu sebanyak mungkin agar bisa bertahan sepanjang mungkin saat situasi ini.

Kita belum tahu seberapa lama pandemi COVID-19 ini akan selesai. Jadi, hindari pengeluaran yang berlebihan hanya untuk kepuasan yang bersifat sementara saja.

Manfaatkan Asuransi

Mulai melihat potensi manfaat asuransi, cek ketersediaan berbagai asuransi yang penting seperti asuransi kesehatan dan jiwa. Lalu cek isi polis, apakah dalam situasi pandemi virus corona, proteksi akan tetap berjalan.

Jika memberatkanmu, apakah perlu penyesuaian dan pertimbangan ulang? Jangan sampai faktor keadaan bisa melupakanmu dari pentingnya menjaga kesehatanmu dan orang yang kamu sayang.

Baca: Ternyata KasBon dari Fazzcard Paling Irit! Berikut Bukti Perhitungannya

Ajukan Pinjaman Online Bila Perlu

Dalam situasi ini, pinjaman online bisa menjadi jalan alternatif sementara dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Akan tetapi, perlu juga dipastikan pinjaman online tersebut sudah tercatat dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar terjamin keamanannya.

Selain itu, pilih jasa pinjaman online yang memiliki bunga yang rendah agar tidak menjadi bumerang untuk kamu.

Itulah kelima tips keuangan saat lockdown pandemi COVID-19 untuk kamu. Jangan lupa juga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah sebanyak mungkin dan rajin mencuci tangan.

Karena selama kamu di rumah, kamu sudah meringankan beban pemerintah dan tenaga kesehatan yang sudah berusaha menjaga kesehatan seluruh warganya!

Have a nice day!

Yuk install Fazzcard di sini untuk ajukan pinjaman online kasbon, sekarang!

Follow juga media sosial Fazzcard untuk mendapatkan berbagai info soal promo dan fitur menarik lainnya!

Artikel Terkait